Selasa, 31 Desember 2013

Essai " Pergaulan Bebas Yang Menjerumuskan Remaja "

PERGAULAN BEBAS YANG MENJERUMUSKAN REMAJA

            Saat-saat ini banyak sekali ditelevisi berita tentang hamil diluar nikah, maraknya pemakaian narkoba, pernikahan dini dan sebagainya. Yang lebih ironi yang melakukan semua itu adalah para remaja yang masih berumuran dibawah 17 tahun, menurut anda apakah yang menyebabkan semua hal itu terjadi? Benar sekali semua itu terjadi karna pergaulan remaja yang terlalu bebas. Memang saat-saat ini kenakalan remaja makin meraja lela dimana-mana, kurang ketatnya orang tua dalam membatasi pergaulan anaknya dengan teman-temannya,  membuat anak-anak makin merasa bebas dan tidak lagi takut dengan nasihat orang tua.

                Masa remaja adalah masa peralihan dari kanak-kanak ke dewasa, pada masa ini anak-anak mulai dilepas oleh orang tuanya untuk bergaul dengan teman sebaya mereka.  Celakanya keterbatasan pengetahuan orang tua yang membebaskan pergaulan anak-anaknya ini malah menjadi bumerang untuk anaknya beserta keluarganya. Karena pada masa peralihan ini, anak-anak sangat rentan sekali akan terpengaruh lingkungannya apa lagi kita tahu bahwa pada masa ini juga tingkat keiingin tahuannya anak-anak sangat lah besar. Jadi kurangnya ke waspadaan orang tua bisa membuat anak-anak salah jalan.

                Membahas tentang remaja menurut saya sendiri, remaja adalah sebuah kasus dimana pembentukan karakter sangat kuat disini. Jadi apabila seseorang menghabiskan saat-saat masa remajanya dengan tidak benar maka karakter yang dia bentuk dari dini ini pasti akan dia bawa sampai dia tua nanti. Jadi dimana pun dia berada karakter jelek dan buruk ini akan selalu dibawanya, dan tanpa disadari nya akibat karakter nya itu membuat dirinya sanagt merugi. Sangat disayangkan bukan? Masa remaja yang indah akan hancur seketika apabila kita tidak membangunnya dengan apik dan benar.

                Dari pengalaman saya sendiri, banyak sekali kasus yang saya temui tentang dampak pergaulan bebas yang dilakukan remaja seumuran saya ini. Rupanya setelah saya cari tahu kebanyakan dari mereka terkena wabah mengerikan ini karna kurangnya ke hati-hatian dalam memilih teman. Memang kalau kita sudah membahas tentang pergaulan bebas, salah satu faktor utamanya disini adalah akibat pertemanan yang asal-asalan. Teman bisa membawa kita ke arah yang benar atau bahkan ke arah yang salah, ke selektifan kita dalam memilih teman, pengaruhnya sangat besar untuk diri kita sendiri.

                Bila kita terawang dari kasus-kasus yang sering terjadi dilingkungan masyarakat, penyebab terjadi pergaulan bebas adalah lingkungan, pergaulan dengan teman, dan keluarga. Disini mengapa penyebab terbesarnya adalah lingkungan? Benar sekali karna apabila lingkungannya saja sudah tidak benar bagaimana penghuninya. Bisa kita ambil contoh, rumah yang kotor dan tidak sehat pasti penghuninya suka sakit-sakitan, terjangkit berbagai penyakit aneh, dan sebagainya. Sama halnya dengan lingkungan, jadi apa bila lingkungannya bagus insyaallah penghuni lingkungannya pun pasti bagus dan prilakunya pasti tidak jelek dan buruk.

                Mengapa saya menyebutkan penyebab kedua dari terbentuknya pergaulan bebas adalah pergaulan dengan teman. Seperti tadi yang saya jelaskan tentang teman yang bisa membawa kita kearah yang benar atau bahkan yang salah. Itu tergantung keselektifan kita memilih teman. Dari pengalaman saya sendiri tentang mengerikanya pertemanan, saya bisa mengerti mengapa banyak yang menghancurkan dirinya sendiri karna ulah temannya sendiri. Ada pepatah yang berkata “ Lebih mudah mencari musuh daripada mencari teman “ itu saya akui benar 100%, Tidak percaya? Coba katakan saja kepada orang yang baru anda kenal bahwa dia jelek, bodoh, dan tidak tahu apa-apa. Pasti dia akan marah dan membenci anda, tidak sama dengan mencari teman. Kita harus selalu menjaga perasaan sekaligus tingkah laku kita terhadap mereka. Susah bukan? Jelas susah karna itu saya berkata pepatah itu benar 100%.

                Dan terakhir penyebab terjadinya pergaulan bebas adalah Keluarga. Disini saya tidak akan bertanya lagi dengan anda mengapa bisa seperti itu, karna kita tau persis kehidupan sosial seseorang dimulai di tengah-tengah keluarga. Dan keluarga mempunyai peran penting bagi anak-anak sebelum mengenal keadaan di dalam masyarakat umum. Peran penting keluarga salah satunya adalah mendidik anak melalui interaksi dalam keluarga, mengajari pola perilaku, sikap, keyakinan, cita-cita, dan nilai kebajikan dalam keluarga. Seperti mendidik anak dengan perilaku disiplin jadi ketika besar pun dia kelak pasti perilaku disiplin itu akan tetap dia terapkan salam kehidupan sehari-hari. 

Sebenarnya masih banyak lagi penyebab terjadinya pergaulan bebas namun yang paling berpengaruh adalah tiga tadi. Ada beberapa hal yang bisa membantu kita agar tidak larut kedalam pergaulan yang menyesatkan tersebut. Kita sebagai penerus bangsa tidak selayaknya ikut larut dalam pergaulan yang ugal-ugalan seperti itu, kalau bukan kita siapa lagi? Anda semua tidak ingin bukan budaya yang telah berabad-abad telah berdiri di bumi pertiwi kita ini lenyap begitu saja karna anak penerus bangsanya hancur berantakan? Karna dari itu tekadkan dari sekarang bahwa anda semua harus bisa melawan beratnya situasi yang mampu menjerumuskan anda semua kedalam jalan yang membawa anda kepada kehancuran hidup. Dan lebih tingkatkan kedekatan anda terhadap maha pencipta yaitu Allah SWT, dengan demikian anda semua senantiasa dilindungi dan dibimbing kejalan yang benar bukan jalan yang sesat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar